cyber attack “phising”

Serangan cyber ini merupakan salah satu jenis pembobolan data tertua yang pertama kali muncul pada tahun 1990-an. phising masih menjadi salah satu teknik cyberattack yang paling merusak, terutama dengan metode eksekusinya yang menjadi semakin canggih. Phising merupakan suatu metode penipuan yang dilakukan oleh hacker untuk mengelabui target serta mencuri informasi penting korban dengan maksud tertentu melalui fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya. Bahkan sekarang mungkin anda tidak sadar bahwa sekarang bisa jadi anda telah diretas oleh seseorang, atau terlibat dalam peretasan komputer. Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

jenis-jenis phising:

  1. email phising: jenis serangan yang menggunakan media email untuk menjangkau calon korbannya. 
  2. spear phising: mengidentifikasi target mereka terkadang menggunakan informasi di media sosial dan menggunakan alamat email palsu untuk mengirimkan pesan yang terlihat dari rekan kerja mereka.
  3. whaling: Jenis serangan ini adalah bentuk dari spear phishing yang ditujukan untuk korban dengan jabatan yang sangat besar, seperti CEO atau target bernilai tinggi lainnya.
  4. web phising: Web phising adalah upaya memanfaatkan website palsu untuk mengelabui calon korban. Website untuk phising akan terlihat mirip dengan website resmi dan menggunakan nama domain yang mirip. Hal ini disebut domain spoofing.

Cara mencegah terjadinya phising:

  • Terus up-to-date terkait informasi phishing.
  • Jangan meng-klik link yang mencurigakan.
  • Instal toolbar anti-phishing.
  • Verifikasi terlebih dahulu keamanan sebuah situs.
  • Periksa akun online-mu secara teratur.
  • Update browser pilihanmu secara rutin.
  • Instal aplikasi firewall pada device.

https://www.niagahoster.co.id/blog/mengatasi-phishing/


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *