MENGENAL LAYANAN CLOUD COMPUTING

Ilustrasi Cloud Computing

2021-03-07 2:23:40 PM

Teknologi internet saat ini telah merubah dunia, hal itu ditunjukkan dengan cara masyarakat berkomunikasi, cara melakukan pekerjaan, cara menyimpan dan mengambil data, dan aspek lain dalam kehidupan di masyarakat. Selain itu, hal komputasi kini juga telah berubah, hal itu dibuktikan dari awalnya adalah paralel computing berubah menjadi distribute computing, dan saat ini yang sedang berkembang adalah cloud computing.

Cloud computing merupakan istilah dari bahasa Inggris yang berarti komputasi awan. Untuk istilah ‘awan’ merupakan metafora dari internet. cloud computing adalah sebuah proses pengolahan sistem daya komputasi, melalui jaringan internet yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan komputer lain, dalam waktu yang sama.

Dengan menggunakan cloud computing, maka anda tidak perlu menginstall sebuah aplikasi secara manual, dan memudahkan dalam mengakses informasi melalui internet. Karena komputasi awan sendiri juga termasuk dalam teknologi yang menjadikan internet sebagai center of server untuk mengelola data pengguna (user).

Fungsi-fungsi dari Cloud Computing:

1. Meningkatkan kapasitas penyimpanan data
2. Meningkatkan kinerja stakeholder
3. Mendapatkan pembaharuan sistem secara berkala (up to date)

 

Berdasarkan sifat jangkauan layanan, Cloud Computing terbagi menjadi empat tipe layanan:

  1. Public Cloud

Public cloud computing adalah penyimpanan setiap data dan informasi pada media internet dengan model layanan yang menggunakan hak akses secara publik. Contoh dari public cloud computing sendiri adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain – lain.

      2. Private Cloud

merupakan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan organisasi atau perusahaan tertentu. Pada prinsipnya, layanan Private Cloud tidak bisa diakses secara umum dan terbuka layaknya Public Cloud. Melainkan hanya bisa diakses oleh pihak internal perusahaan.

      3. Community Cloud

merupakan infrastruktur cloud yang digunakan secara bersama oleh beberapa organisasi yang memiliki kepentingan yang sama, dan kebutuhan tingkat keamanan yang sama.

      4. Hybrid Cloud

merupakan gabungan dari private dan public cloud computing, yang mana layanan ini biasanya diterapkan pada sebuah institusi.

 

Berdasarkan jenis layanannya, Cloud Computing juga terbagi menjadi empat tipe cloud :

  1. Platform as a Service (PaaS)
    merupakan layanan berbasis cloud dengan cara menyewa perangkat keras (hardware), sistem operasi, storage, dan kapasitas jaringan via internet.
    Contoh PaaS yang sudah tersedia di dunia antara lain : Google App Engine, Windows Azure, Amazon Web Service Elastic Beanstalk, Stratos Apache, dan OpenShift.
    
  2. Infrastructure as a Service (IaaS)
    merupakan sebuah layanan infrastruktur komputasi awan yang berupa, satu paket perangkat hardware komputer virtual, bersama dengan jaringan internet, bandwidth, dan dukungan alamat IP. 
    Contoh Iaas antara lain, Cisco yang menyediakan fitur dasar solusi telepon dan Biznet GIO Cloud sebagai pusat data virtual untuk korporasi. 
    
  3. Data-Storage as a Service (DaaS)
    merupakan layanan cloud dengan model penyediaan fasilitas sistem penyimpanan data secara remote dan dapat mengaksesnya kapan saja dan dari mana saja. Intinya, pengguna hanya perlu membayar biaya sesuai dengan besarnya resource yang digunakan.
    Contoh industri komersial yang menyediakan layanan DaaS adalah EMC Storage Managed Service (SMS), dan Google Cloud Datastore.
  4. Software as a Service (SaaS)
    merupakan layanan yang mengacu pada perangkat lunak (software) berbasis cloud via online melalui internet dan bisa dibeli secara berlangganan. 
    

 

https://www.cloudcomputing.id/berita/mengenal-layanan-cloud-computing-dan-bentuk-serangannya

https://www.sekawanmedia.co.id/cloud-computing/


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *