MACHINE LEARNING

Perjalanan Belajar Machine Learning (Introduction) — Part #1 | by Farhan | Medium

03/28/2021 5:11:15 PM

APA ITU MACHINE LEARNING ?

Machine Learning salah satu teknologi cabang dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kehadiran machine learning dikembangkan berdasarkan disiplin ilmu seperti statistika, matematika dan data mining sehingga mesin dapat mengenali maupun menganalisa data secara menyeluruh. Peran machine learning ternyata dapat meringankan penggunanya dalam berbagai aktivitas keseharian. Contohnya fitur face unlock atau face recognition yang dapat mengenali pengguna dalam membuka perangkat smartphone.

Algoritma ML dapat diklasifikasikan secara luas ke dalam tiga kategori berikut: Supervised, Unsupervised dan Reinforcement learning.

  1. Supervised memiliki variabel input (x) dan variabel output (Y). Dengan kata lain, algoritma pembelajaran yang diawasi mengambil kumpulan kumpulan data masukan yang diketahui dan tanggapannya yang diketahui terhadap data (keluaran) untuk mempelajari model regresi / klasifikasi.
  2. Unsupervised tidak memiliki data berlabel. Disebut unsupervised karena algoritmanya dibiarkan sendiri untuk mengelompokkan informasi yang tidak disortir dengan menemukan persamaan, perbedaan, dan pola dalam data.
  3. Reinforcement jenis algoritma pembelajaran mesin di mana agen belajar dari lingkungan interaktif dengan cara menggunakan umpan balik dari tindakan dan pengalaman sebelumnya.

APA ITU DEEP LEARNING ?

Teknik pembelajaran mesin yang terinspirasi oleh cara otak manusia menyaring informasi, yang pada dasarnya belajar dari contoh. Hal Ini membantu model komputer untuk menyaring data masukan melalui layer untuk memprediksi dan mengklasifikasikan informasi. Metode deep learning menggunakan arsitektur jaringan saraf, sehingga sering disebut sebagai jaringan saraf dalam.Deep learning pada dasarnya meniru otak manusia.

Tiga arsitektur jaringan dasar adalah sebagai berikut:

  1. Convolutional Neural Network
  2. Recurrent Neural Networks
  3. Recursive Neural Networks

https://www.dqlab.id/alasan-machine-learning-populer-di-tahun-2021

https://www.berca.co.id/2021/03/23/artificial-intelligence-machine-learning-dan-deep-learning-apa-bedanya/


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *