Revolusi? jaringan 5G

Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari pengembangan jaringan telekomunikasi di dunia.

Revolusi komunikasi telah muncul setiap hampir 10 tahun sekali, sejak ditemukannya era 1G pada tahun 1980-an. Pada jaringan 1G ponsel genggam hanya bisa merasakan fitur telepon saja.

Generasi pertama(1980-an) : jaringan nirkabel itu membawa gelombang suara menggunakan gelombang radio tanpa enkripsi.

Generasi kedu(1990-an) : dapat mengirim pesan dengan telepon seluler lain. Pada jaringan ini penyedia jaringan sudah memberikan fasilitas enkripsi panggilan.

Generasi ketiga(2000-an) : Jaringan ini beroperasi pada kecepatan transmisi 8 Megabit per detik. Era jaringan 3G dianggap menjadi cikal bakal perkembangan teknologi, karena memicu industri produsen ponsel untuk mengembangkan fitur-fitur unggulan.

Generasi keempat(2009) : percepatan pengunduhan data hingga 10 kali lipat dari jaringan 3G.

Perlahan revolusi telekomunikasi berkembang dan memungkinkan untuk melakukan hal-hal lain, seperti streaming film dan melakukan tatap muka menggunakan perangkat seluler. Munculah riset terkait generasi kelima yaitu 5G. Konektivitas 5G dapat mendukung sejumlah peningkatan media seperti kemampuannya dalam mengunduh file video High Devinition (HD) dalam waktu kurang dari satu menit. Peluncuran teknologi 5G juga akan membutuhkan adopsi sistem Fixed-Wireless Access (FWA).

FWA ini merupakan teknologi nirkabel yang dibantu menggunakan beberapa perangkat, untuk terhubung dengan stasiun jaringan terdekat dan memberikan kecepatan yang serupa dengan jaringan jalur kabel.

Teknologi yang didukung oleh 5G juga akan memungkinkan operator menawarkan jenis layanan yang berbeda dengan cara yang lebih baik dan lebih terkelola, tanpa menghilangkan jaringan yang terdahulu. Biaya penggunaan data pada layanan jaringan 5G dinilai tidak akan banyak berubah dari harga yang saat ini dibayarkan oleh pelanggan, pada layanan 4G. Hal ini berdampak pada efisiensi layanan 5G yang mengarah pada konsumsi data yang lebih tinggi dengan biaya yang relatif terjangkau.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *